waduh... ptk..ptk..lagi-lagi ptk, mendengar ptk aja sudah pusing apalagi mengerjakan atau melaksanakan yang namanya ptk. bisa pusing maning (hedeh).
apa saja kendala dari bapak atau ibu guru sampai2 mendengar kata ptk bisa pusing. ada 8 kendala guru dalam melaksanakan ptk, apa saja? simak dan pelajari, semoga bermanfaat :
1. GURU KURANG MEMMAHAMI PROFESI GURU
guru adalah profesi yang sangat mulia,kenapa? guru harus memahami peran dan fungsi guru disekolah. profesi ini sangat menjanjikan untuk mereka yang berhati mulia. hati yang bersih dan suci akan terpancar dari wajahnya yang selalu ceria, senang dan selalu menerapkan 5S dalam kesehariannya (salam, sapa, sopan, santun, senyum dan sabar)
2. GURU MALAS MEMBACA
siswa disuruh rajin membaca, sedangkan si guru malas membaca. karena sudah merasa ini atau itu sebagainya alasannya. kalian yang jadi siswa si guru sabar ya (hedeh). saat ini kita banyak melihat banyak guru malas membaca (semoga saya tidak termasuk guru yang malas membaca(hehe). padahal dari membaca akan terbuka wawasan yang luas dari para guru. coba saja perhatikan disekolah kamu, dalam sehari ada berapa guru yang masuk ke perpustakaan untuk membaca buku? hmmmmmm.......
3. GURU MALAS MENULIS
sampai saat ini obat mengenai penyakit M (malas) tidak ada obatnya, bayangkan saja karena M seseorang bisa pada akhirnya semua pekerjaan jadi memumpuk. guru malas menulis? ah.. sudah hal yang bisa, padahal kita sudah sangat dimanjakan, tidak perlu repot2 lagi pakai mesin tik kaya zaman yang sudah lewat (hehe). mau menulis ya buka laptop terus tulis, tapi jangan2 masih ada guru yang gaptek? semoga saja tidak ada lagi guru yang gaptek. http://erwin-belajar.blogspot.co.id/2016/10/guru-gaptek-jangan-sampai.html.
sebenarnya menulis itu sesuatu yang sangat menyenangkan kalau sudah terbiasa melakukannya.
hargai waktu! mungkin itulah kata yang tepat untuk anda!
bagi guru waktu lebih dari uang dan bahkan bagaikan sebilah pedang (hati2 ya ketusuk,hedeh) tajam yang dapat membunuh siapa saja termasuk pemiliknya. karena itu guru harus sensitif terhadap waktu. detik demi detik waktunya teratur dan terjaga dari sesuatu yang kuran baik serta sangat berharga.
4. GURU TERJEBAK RUTINITAS KERJA
guru harus pandai mengatur rutinitas kerjanya. jangan sampai guru terjebak sendiri dengan rutinitasnya yang justru tidak mengantarkan dia menjadi lebih baik dan menjadi tauladan bagi siswa-siswanya.
5. GURU KURANG KREATIF DAN INOVATIF
merasa sudah berpengalaman membuat guru jadi kurang kreatif. guru malas mencoba hal yang baru dalam pembelajarannya (dari diangkat menjadi pns-sekarang itu2 aja metode yang diajarkan,hmmmmmmmm). tidak ada upaya untuk menciptakan sesuatu yang baru dari pembelajarannya.
6. GURU MALAS MENELITI
paling sering mendengar guru masa untuk meneliti. guru yang terbiasa meneliti, akan segera memperbaiki kinerjanya yang tidak baik objek penelitian dalam PTK adalah siswa yang dihadapi oleh guru itu sendiri pada saat proses pembelajarannya.
paling sering mendengar guru masa untuk meneliti. guru yang terbiasa meneliti, akan segera memperbaiki kinerjanya yang tidak baik objek penelitian dalam PTK adalah siswa yang dihadapi oleh guru itu sendiri pada saat proses pembelajarannya.
7. GURU KURANG MEMAHAMI PTK
kenyataan yang ada dilapangan guru kurang memahami ptk. guru menganggap ptk itu sulit(benarkah!). padahal tidak sesulit yang dibayangkan, saat seacrhing di google banyak sekali membahas tentang ptk.
mudahan kita sebagai tenaga pendidik / guru dapat menjadi lebih baik lagi, aamiin.
semoga bermanfaat tentang artikel yang disajikan :
kasih komentarnya ya,
biar blog erwin-belajar semakin lebih baik lagi, aamiin.
No comments:
Post a Comment
Semoga Bermanfaat